Posted in Lesson Learnt

Konstelasi Bunga

Bunga yang mungkin bagi sebagian kita dianggap sebagai lambang feminisme ternyata menyimpan banyak makna yang bisa dieksplorasi lebih dalam. Mengapa demikian? Kalau kita mau jeli dan melihat bisnis bunga dan sedulur-sedulurnya (florikultura) yang ternyata seksi, pelaku bisnis dalam florikultura banyak juga yang lelaki. Nah loh….lalu kenapa kira-kira bunga identik dengan perempuan? (Just ask yourself, ga perlu jawaban untuk pertanyaan ini…hehehehe).

Baru saja saya dapet informasi baguuus dari hasil pertemuan anggota Asosiasi Bunga Indonesia (ASBINDO) hari ini (28 April 2011). Caretaker ASBINDO yang juga duduk di beberapa lembaga lain (Kadin, Dewan Hortikultura Nasional): Karen Tambayong yang baru saja pulang dari kunjungan ke Taipei International Flora Exposition (TIFE 2010) bawa banyak oleh-oleh. Bukan oleh-oleh makanan tentunya tapi yang paling mahal adalah gift berupa banyak cerita dan hikmah yang bisa diambil untuk mengembangkan florikultura (baca:INDUSTRI FLORIKULTURA)

Beberapa info akan aku pecah menjadi beberapa tulisan. Untuk edisi ini tentang konstelasi bunga. Lho kenapa konstelasi bunga? Menurut cerita di TIFE, pengunjung yang tiap hari mencapai ribuan (emang pada ga kerja ya?) itu sangat menghargai tanaman2 yang ada di sana. Bunga, pohon, dan konco-konconya. Bunga yang mungkin menurut kita hanya “sekedar bunga” ternyata punya makna masing-masing. Kalau di kita ada istilah “ungkapkan cinta dengan mawar” ternyata itu hanya secuil dari yang buannnnyyaaaaaak…. Konstelasi Bunga mengingatkan saya dengan konstelasi bintang yang memiliki berbagai lambang dan berbagai makna.

Contohnya : Bunga di atas (Moth Orchids) memiliki arti kebijaksanaan dan rasionalitas. How come?? Nah itu dia yang ternyata belum kita tahu. Check it out Konstelasi Bunga.

Dari situ aku berpikir lebih dalam. Bunga dan tanaman yang mungkin kurang dihargai di negeri kita yang katanya zamrud-khatulistiwa ternyata lebih dihargai di beberapa negeri lain yang khasanah tanamannya tidak sebanyak kita. Dan lagi, bunga dan tanaman bisa merepresentasikan budaya, wisdom dari sebuah bangsa, dsb. Hal ini yang belum banyak digali… So, untuk kembali menghargai dan mengapresiasi tanaman dan flora kita, silahkan menemukan konstelasi tanaman…

Selamat berkontemplasi untuk menemukan konstelasi.

Salam Bunga…..

Advertisements

Author:

Chocolate and coffee lover who love to smile and ngangsu kawruh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s