Posted in Hidup, Lesson Learnt, Renungan

Catatan Kebangkitan Nasional (2)

Bagi Anda yang sudah membaca Catatan Kebangkitan Nasional (1) yang mungkin masih penuh dengan idealisme mahasiswa kampung seperti saya, sekarang saya ingin sedikit bercerita tentang renungan Kebangkitan Nasional 2011 versi saya…karyawan kampung..hehehehe..
Pagi ini saya smsan sama Ibu saya, beliau sedang upacara Harkitnas di SMK N 3 Jepara . Ya, hari ini tanggal 20 Mei, tanggal ini diketahui sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Bagi sampeyan-sampeyan yang mungkin sudah tidak merasakan upacara, mungkin hari ini tidak begitu disadari sebagai hari kebangkitan nasional.  Menurut pencarian saya di mbah google tema Harkitnas tahun ini adalah  “Dengan Semangat HARKITNAS ke-103 Tahun 2011, kita wujudkan kebangsaan yang berkarakter, bersatu dan berdaya saing menuju masyarakat yang sejahtera” dan… sudah jelas bahwa key word untuk tujuan Indonesia adalah:

  1. Karakter bangsa
  2. Persatuan
  3. Daya saing (competitiveness)
  4. Kesejahteraan

Terkait dengan harapan yang tersebut di atas,,,, saya pengen bahas satu persatu,,,,

  • Seperti apa sih karakter bangsa kita? Selama ini banyak yang mencoba menafsirkan karakter bangsa yang pas untuk Indonesia. Tapi yaaa tidak se uanya terwakili. Mungkin juga kalau kita tanya karakter bangsa seperti apa yang bisa menjadikan kita sebagai bangsa yang besar ke Pakdhe SBY mungkin jawabannya muter2 ke mana2… hehehehe. Kalau menurut saya, bangsa yang kuat itu:
    •  yang bisa menghargai sejarahnya, (ngakuuu yang saat ini masih suka ke museum siapa?
      Sejarah. Sumber:http://blog-apa-aja.blogspot.com

      Museum. Sumber: http://id.wikipedia.org
    • pemudanya yang taqwa selalu haus ilmu. Ilmu itu bermacam,,, dari ilmu juga kita bisa mengejar cita-cita.. hal kecil,, coba simak berapa persentase film Indonesia yang “mendidik” dibandingkan dengan yang membuat “bergidik jijik”??  

    • menerima perbedaan sebagai sebuah anugerah dan dijadikan penguat. (Nah lhooo,,,susyaah tuuuch). Atau mungkin karakter yang tepat adalah karakter seperti di bawah ini? Mohon dikoreksi kalau saya salah 🙂
DPR Kita. Sumber: http://www.antarafoto.com
  • Persatuan. Dari zaman saya masih SD selalu didengungkan dan menjadi doktrin bahwa persatuan Indonesia menjadi harga mati bagi bangsa Indonesia. Nah kalo udah harga mati, harusnya klo persatuan kita dah mulai terkoyak harusnya kita mati dunk…hwkwkwkwk… Yang saya tahu, semakin banyak isu SARA yang menjadi pemecah persatuan. Banyak yang mengklaim dirinya sebagai yang paling benar, sok suci, dan yaaaa….menjadikan berbagai cara untuk bisa mendapatkan “penghargaan”. Gini aja deh… selama kita bisa menghargai orang lain, ngerasa nyaman klo bersama, pasti hidup juga enak deh. (Sekali lagi ingatkan saya kalo saya salah).

    satu. sumber : http://fakfakinfo.com
  • Berbicara tentang daya saing (competitiveness), Bangsa kita juga sedang menggenjot daya saing. Bagi yang ga ngerti daya saing, saya coba bantu dengan sedikit pengetahuan saya tentang itu. Daya saing adalah kemampuan dan kinerja negara untuk menjual dan memasok barang dan / atau jasa dalam suatu pasar tertentu. Nah, tinggal nanti bisa di-break down lebih lanjut keunggulan relatif yang dimiliki Indonesia itu yang seperti apa. Apakah dalam hal pertanian (????), sumber daya manusia (???), atau manufaktur (???). Let’s see the pictures below to reflect where we are.  Mungkin tidak semuanya seperti itu, tapi tidak semuanya itu berapa persen? heheheehhe
TKI Kita? sumber: http://wartaonline.com

Ini contoh packaging belimbing Indonesia dan Taipei

packaging belimbing di Taipei
Belimbing afkir Indonesia

Saya masih cukup bersyukur dengan adanya produk2 Indonesia yang kualitasnya harus ditingkatkan agar bisa “berdaya saing”

HP lokal. Sumber : uchax.blogspot.com
  • Kesejahteraan. Perasaan dan daya ingat saya yang terbatas mengatakan bahwa kesejahteraan juga yang menjadi programnya eyang Harto, bahkan sampai Pakdhe Beye juga memiliki program tentang kesejahteraan. Kesejahteraan menurut om wiki keadaan yang baik, kondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan makmur, dalam keadaan sehat dan damai, termasuk  jangkauan pelayanan untuk memenuhi kebutuhanmasyarakat. Mungkin sebagian kita sudah ada di taraf tersebut lebih-lebih mungkin beliau yang duduk di sini dan mendapatkan tunjangan bermacam2 pasti sangat sejahtera :
Gedung DPR sumber: http://www.radaronline.co.id

bagaimana dengan ini?

"Sebagian Kita" sumber:http://serigalaputih.wordpress.com

Nikmat mana?

Nikmatnyaaa sumber: http://kusujud.blogspot.com

Terlepas dari itu semua, sebenarnya kalau saya dan Anda menyadari apa tugas saya, apa tugas Anda, apa tugas kita. Kebangkitan Nasional  bisa menjadi hal yang tidak hanya diperingati setiap tahun. Tapi bisa menjadi lecutan untuk selalu memberi yang terbaik. Konsep CONTINUAL IMPROVEMENT harusnya bisa menjadi satu hal yang dapat kita contek dan kita modifikasi. Sehingga tidak ada lagi yang namanya hanya mengutuk pemerintahan, tapi juga berkarya dengan apa yang kita mampu berdasarkan refleksi kita 9meminjam istilah Mba Lian). Intinya mah, daripada mengutuk kegelapan, mending kita nyalakan lilin bareng2..syukur bisa nemuin listrik dan nyalain lampu. Ya to?

So….semoga tulisan saya bisa mencabik mimpi saya dan membangunkan saya dari ‘mimpi’ tersebut… Syukur2 kita bisa bangun bersama…

Hehehehe… Mari Kita Bangkit Bersama… Selamat Bangkit!!!! untuk Indonesia Kita!!!

Indonesia... sumber:http://rahmadarifudin.blogspot.com

INDONESIA PUSAKA

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
s’lalu dipuja-puja bangsa
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
tempat berlindung di hari tua
sampai akhir menutup mata

Author:

Chocolate and coffee lover who love to smile and ngangsu kawruh.

Leave a Reply

