Posted in Hidup, Lesson Learnt, Renungan

Holistik

Holistik itu dari bahasa Yunani (ὅλος holos) yang artinya semua, keseluruhan, total. Dan teori holistik itu adalah teori untuk memahami sesuatu dengan kesadaran bahwa semua hal di dunia ini saling terkait, saling berhubungan yang kalau benang-benang hubungan bisa dilihat dan dimengerti pasti lebih indah. Kaya gambar di bawah ini.

This slideshow requires JavaScript.

Gambar saya dan teman-teman ini merupakan bagian kecil dari gambar lainnya. Setelah saya melihat gambar gedung yang keliatan langitnya itu ternyata lebih indah. Yang ga saya sadari sebelumnya. Yaaa,, mungkin karena saya setiap harinya hanya liat pintu kantor, tanaman-tanaman sekitar, dan mungkin mata saya ga menangkap sebanyak yang lensa kamera tangkap.

Saya juga jadi mikir,, kalau bangunan kantor ini dilihat lagi dengan kacamata yang lebih besar, pasti lebih indah… Seperti bulan yang kalau dilihat jauh itu indah, seperti Indonesia dilihat dari angkasa,, seperti bumi dilihat dari luar angkasa. Seperti itulah mungkin bagaimana melihat secara keseluruhan, bahwa mungkin banyak yang melihat kebuntuan saat menghadapi masalah, dan fokus pada kebuntuan tersebut, padahal ada pintu kemudahan lain yang dibuka.

Saya jadi mengerti bahwa hidup dan segala dinamikanya,, baik sedih atau senang adalah cara ALLAH untuk mengajarkan kita bagaimana belajar. Belajar untuk lebih ngerti bahwa kita memang ditempa untuk belajar menikmati sesuatu yang terjadi pada kita. Baik sedih ataupun senang, bahagia atau duka.

Pada intinya,,, karena kita memang belum dikasih ngerti akhir dari perjalanan (karena hanya DIA yang tahu rencanaNYA) yang sejatinya adalah pembelajaran bagi kita, maka sudah sepantasnya kita melakukan yang terbaik. Do our utmost. Rasa nyesek, kesabaran sudah habis, sakit, memang tercipta karena kita manusia, dan manusia itu adalah makhluk yang paling pinter (karena diberi keutamaan berupa akal) untuk nyari alasan dan pembelaan.

Thanks to ALLAH and HIS universe, that let me learn something new…

Advertisements

Author:

Chocolate and coffee lover who love to smile and ngangsu kawruh.

3 thoughts on “Holistik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s