Posted in Lesson Learnt, Main-main

Rancabali Ciwidey (1) – Episode Kelaparan

Let’s go get lost

Tersesat itu kaya apa ya rasanya? Apalagi kalau sama Jeremy Renner, mungkin akan lebih nengsemke ati 😆 *dikepruk* 😀 :D. Pekan lalu, saya sempat get lost, sengaja menyepi sejenak. Pilihan kali ini adalah kawasan Bandung Selatan. Rencana ke tempat ini sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu, tapi belum kesampaian. Akhirnya setelah dirasa momentumnya tepat, saya berkonspirasi untuk ngajakin beberapa teman yang lain.

Rencana awal saya akan bersama dengan enam teman yang lain. Tapi pada akhirnya rencana yang kami susun, tergantikan dengan rencana yang menurut-Nya terbaik. Karenanya saya akan mengingat dengan baik saat buntut a.k.a tulang ekor saya sakit karena sadel Vario yang menyiksa 😆

Akhirnya 9 Maret, meeting point di kostan yang sebentar lagi saya tinggalkan, saya dan tiga teman saya berangkat menuju kawasan Rancabali-Ciwidey, Bandung Selatan. Saya dibonceng Yossi dan Diah dibonceng Mas Court Officer. As usual, tour leader a.k.a tukang baca peta adalah Mas Court Officer. *sungkem* 😆 Start pukul 07.30. Rute yang dilewati adalah Pasar Minggu – Depok – Cibinong – Baranangsiang – Ciawi – Puncak – Cianjur – Bandung Barat – Cipatik – Soreang – Pasir Jambu – Rancabali (Mohon ralat kalau salah yaaa) 😀 🙂

Berangkat sudah agak siang berakibat jalanan menuju puncak sudah sedikit penuh. Menjelang Ciawi sudah padat, tapi beruntung pas sampai di Gadog, jalanan sedang satu jalur ke atas. Jadi langsung tancap dan istirahat pertama di emperan Melrimba Garden sekitar pukul 10-an. Setelah minum-minum dari bekal masing-masing, lanjut lagi.

Saya sempat nyasar sama Yossi di percabangan. Kata Yossi, vario megap-megap kalau ngimbangin Vixion. 😀 😀 Setelah saling share posisi via Whatsapp akhirnya bisa iring-iringan lagi. *Syukur ada HP Yossi, kebayang kalau yang ada hanya HP kalkulator saya* 😀 😆 Pukul 12.an kami masuk Bandung Barat. Istirahat lagi sebentar dan ngisi bahan bakar. Kami sempat tertahan setengah jam lebih di Cipatik karena ada truk yang as rodanya patah.. Macet, dan saya jadi pengen jalan saja rasanya 😀

This slideshow requires JavaScript.

Menjelang masuk ke jalan arah Ciwidey, sempet tanya jalan arah Ciwidey ke  penduduk setempat, takut salah 🙂 Dan let’s go, menembus rimis-rimis gerimis yang berubah jadi hujan yang memaksa saya memakai jas hujan yang baru saya perawanin setelah usia setahun. (Dulu waktu ke Malingping tak sempat dipakai 😆 ). Sampailah saya dan Yossi di jalanan arah ke Ciwidey, demi menolong Yossi, my smooth driver, yang kelaparan. Kami berhenti di Alfam*rt dan jajan gorengan. Diah dan Faizal, entah sampai di mana 😆

Sepanjang jalan menuju Ciwidey, saya dipesona oleh punggung-punggung bukit yang berwarna hijau. Untungnya kamera ada di tangan saya. So, saya sempat njeprat njepret beberapa scene. Saya tanya abang tukang gorengan seberapa jauh Kawah Putih dari situ. Dijawab 6 km lagi. Lanjuut, dan saya dihubungi Diah yang katanya sudah di depan masjid komplek wisma Rancabali.

Sekitar 10 menitan kemudian,  saya dan Yossi sampai, urusan check in sudah diberesi dan sampailah kami di tempat peristirahatan. Dengan perut keroncongan, Diah mengeluarkan semua bekal makanan ringan untuk segera diganyang, dan saya ga betah untuk segera membuat kopi.

Total perjalanan 8 jam. Karena baru sekitar pukul 15.45 kami sampai di wisma Rancabali. Setelah shalat, kami berempat semangat cari “sarapan”. 😆 Dan nyangsang di Saung Gawir sampai jelang maghrib.

Total kerusakan di Saung Gawir untuk menu 2 gelas bandrek susu, 1 jus strawberry, 2 gelas teh tawar, 1 porsi tumis kangkung, 1 porsi besar gurame bakar, 1 porsi sambal teri, dan sebakul nasi adalah Rp140.000-an (lupa tepatnya) 😀

All picture take by me, Diah, Yossi, and Faizal using Faizal’s camera 🙂

to be continue

Author:

Chocolate and coffee lover who love to smile and ngangsu kawruh.

One thought on “Rancabali Ciwidey (1) – Episode Kelaparan

Leave a Reply

