Posted in Hidup, Hijau, Lesson Learnt, Renungan

Jeparaku Banjir

Bukan hanya Jakarta, tapi beberapa daerah di Indonesia juga banjir serta bencana lain. Sebut saja Sinabung, Manado, Jawa Barat (Subang, Tasikmalaya, Karawang, Cirebon), Pekalongan, dan terkecuali kota kelahiran saya: Jepara, dan tetangga sekelilingnya (Kudus, Pati).

#BanjirJepara tahun ini adalah yang terbesar dan terluas menurut sejarah hidup saya. Saya pernah merasakan apa yang dirasakan teman SMA saya saat banjir melanda Jepara 2004 lalu. Tapi, kok ya rasanya ndak sedahsyat sekarang. Sedikitnya 8 (menurut berita terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jepara malah sudah menjadi 9) kecamatan terendam banjir. Rata-rata sekitar 70-100 cm, bahkan ada yang lebih dari itu!Β 325 hektar sawah rusak, lebih dari 6000 jiwa mengungsi.

Semalam, menurut BASARNAS, status banjir di Jepara sudah menjadi darurat. Duh Gusti, paringi sabar, begitu ucap saya lirih saat melihat puluhan foto kondisi banjir di Jepara.

This slideshow requires JavaScript.

Banyak daerah yang belum tersentuh oleh bantuan dari SAR ataupun BPBD, baik itu bantuan berupa materi (makanan, air bersih, selimut, alas tidur), atau bahkan bantuan evakuasi. Bukan karena apa, Jepara tidak pernah menyangka bencana di daerahnya akan sebesar ini, dan squad BPBD serta SAR terbatas. WE NEED Volunteer. Ya, Jepara butuh relawan.

Saya jauh dari rumah dan tidak bisa membantu dengan raga saya. Akhirnya bersama teman-teman thuthukan, membantu semampu kami, menyebarkan informasi tentang banjir di Jepara, dan bagaimana cara untuk membantu. Mengkoordinir penggalangan dana bersama Juris, Fahmi, dan teman-teman lainnya.

Saatnya untuk bahu membahu dan mengalahkan ego diri. Apalagi sampai membawa nama partai or nama pribadi sebagai caleg dalam membantu para korban.

Saya hanya bisa mendoakan semoga #BanjirJepara dan juga daerah lain di Indonesia segera berakhir. Hal ini menjadi bahan renungan bagi kita. Mungkin alam ingin mem-“flush”Β kotoran-kotoran yang ada di atasnya, seperti kata Mas Marco. Juga mungkin ajakan alam bagi kita bersama-sama dengannya untuk berbenah. Bumi ini semakin tua, layaknya orang tua, dia juga ingin dirawat πŸ˜₯

Salut dan matur nuwun saya haturkan untuk akun2 twitter Jepara: @IloveJepara, @MampirJepara, @Kabar_Jepara, dan akun-akun lain yang ikut gugur gunung membantu menginformasikan kondisi Jepara kepada pihak luar dan juga sebagai perantara korban melaporkan kepada SAR/BPBD/Relawan yang ada.

Yuk berdoa juga untuk kebaikan bersama, ini akan berlalu, dan Tuhan akan melihat keteguhan kita melewatinya. Ya, keteguhan, bukan keluhan.Β 

IMG-20140122-WA0006

Dan difirmankan oleh ALLAH: “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” Dan air pun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itu pun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang lalim.”

Oiya kalau ada saudaranya atau temennya atau pacarnya yang tinggal di Jepara dan butuh bantuan silahkan hubungi nomor2 ini. Semoga membantu

  • BPBD Jepara (0291) 598291 / 08112766451 (Saiful)
  • SAR Jepara (0291) 595941
  • Andreawan T.R. 081227778578/08564081791
  • SAR Kab.Pati Jateng (0295) 5752264 BPBD (0295) 425002

Yang ingin ikut bantu juga sumangga lho…

1390341741Β Β Salam hangat dari Jakarta dengan kondisi yang sama: BANJIR

Advertisements

Author:

Chocolate and coffee lover who love to smile and ngangsu kawruh.

12 thoughts on “Jeparaku Banjir

  1. Hmmm…kayanya emang banjir udah beneran jadi trending topic dimana-mana.
    Di Bandung juga nih. Tapi semenjak Walikota gencar sama gerakan bikin biopori, alhamdulillah banjir di Bandung bisa dikurang. Bukan meniadakan banjir, tapi terbukti mengurangi. Daerah yang kena banjir memang masih kena banjir, tapi air surut lebih cepat.

    Mungkin bisa diaplikasikan juga di Jepara Mbak πŸ™‚

      1. Hehehe..iya nih. Tapi sekarang di Bandung. Setahun sekali pulang..nanti mbok ya mampir kalo lewat Blora..

  2. turut prihatin..untuk lingkungan indonesia yang lebih baik, mari kita cintai bumi kita ini, dimulai dari hal yang kecil, dari diri sendiri, sekarang juga
    #LoveEarth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s