Posted in Hidup, Hijau, Institut Ibu Profesional, Kata Orang ini Cinta, Renungan

Centangan Keprofesionalan Nita: 30 Hari Mengejar Cinta

​Tugas pekan ini terasa saaangat berat. Saya harus meluangkan waktu di tengah kesibukan persiapan pemakaman. Menunggu dan menemani istri sepupu saya, menenangkan anak-anaknya. Dan bolak balik Bate-Mayong. Ya, sepupu saya yang juga sepersusuan dengan saa meninggal minggu ini. Alllahummaghfir lahu.

Sebagai individu berusia hampir 32 tahun, jam terbang saya menjadi istri adalah 3 tahun, sementara menjadi Ibu 2 tahun plus pengalaman ngasuh keponakan-keponakan dan sepupu yang ditinggal emaknya :mrgreen: 🙂 😀

Sebagai individu juga, pilihan yang harus saya jalani saat ini adalah dengan bekerja di ranah public, pun mesti demikian hasrat, mimpi, dan keinginan untuk bisa menjadi full time emak tetap ada dan menari-nari dalam benak. Halah.. 🙂

Untuk menjalani peran saya sebagai seorang istri dan Ibu yang juga bekerja maka profesionalisme sangat dibutuhkan. Bagaimana tetap disayang anak dan suami juga berprestasi di tempat kerja. Selama ini, flowing saja. Mengalir saja. Tapii tentu saja beberapa bahkan banyak yang miss dan tak jarang saya menjadi sedikit banyak tidak professional menjadi istri dan ibu yang bekerja ahahaha yang udah kenal aku dari dulu pasti pahaaam banget.

Soooo bersyukur pekan kedua di Matrikulasi Institut Ibu professional, tugasnya membuat checklist. Ceklisnya bukan hanya memenuhi kegiatan harian aja, tetapi harus punya tujuan yang jelas, rentang waktu yang pasti, sehingga bias dilihat ketercapaiannya.

And this is it!

“Centangan Keprofesionalan Nita”

 Sebagai Individu:

Saya sebagai individu adalah anak dari Ibu saya dan cucu dari Mbah yang keduanya Alhamdulillah masih diberi kesehatan. Selain itu, saya juga perempuan yang bekerja sebagai salah satu staff yang baru saja dipindah tugas ke Lembaga Penjaminan Mutu di Universitas Islam Nahlatul Ulama’ Jepara yang juga memiliki keinginan kuat untuk belajar mandiri mengenai komunikasi empati. Maka, berikut yang harus saya lakukan

  1. Melaksanakan jurus langit

  • Shalat awal waktu dan Membaca Al-Quran setiap selesai shalat Shubuh dan Maghrib
  • Tahajud
  • Dhuha
  • Memohon retu suami dan ibu dalam setiap hari menjelang beraktivitas di luar rumah
  • Shodaqoh setiap bulan
  1. Memandikan Mbah saat weekend

  2. Membaca dan memahami materi terkait dengan system penjaminan mutu internal perguruan tinggi dalam waktu 1 bulan ke depan.

  3. Membaca artikel komunikasi dari sumber terpercaya misal jurnal, dan artikel yang memiliki referensi minimal 2 artikel setiap minggu.

  4. Menyelesaikan tugas Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi tanggal 21 Juni 2017 sebelum lebaran.

  5. Mempraktikkan ilmu komunikasi setiap hari

  6. Mengembangkan jejaring lebih banyak. Lebih sering ngobrol dengan teman baik dunia nyata dan maya. Minimal 5 teman sehari (bukan di grup tapi japri).

Sebagai Istrinya Ardhana Surya Saputra

Kemarin lucu, saat saya tanya pengen punya istri idaman seperti apa? Jawabnya: “Yang mau diet” ahahaha… iya bener banget.. istrinya membengkak lagi sejak lahiran. Selain itu katanya: “Dek udah baik banget selama jadi istri Mas”. Ahahaha 🙂 baiklah biar lebih jadi istri yang disayang suami, berikut yang harus saya kerjakan setiiaaap hari. 30 hari pertama lah yaa.. 30 hari mencari cinta ahahaha.

  1. Balik lagi ke Food combining. No rice 2 minggu pertama, perbanyak ngelalap sayur dan makan buah seger.

  2. Lari pagi 3 kali seminggu: Jumat, Sabtu, Ahad

  3. Siapin sahur dan buka shaum di rumah setiap hari (untuk suami dan keluarga besar), berlanjut sarapan setelah shaum nanti.

  4. Bed time diawali dengan pillow talk. Suami tipenya tertutup, masalah yang agak serius tidak diceritakan jika tak dipancing dengan hal-hal ringan. Dicoba dalam 30 hari ke depan.

  5. Memiliki me time dengan suami dan anak setidaknya sebulan sekali

  6. Membicarakan dan menyepakati pengelolaan keuangan untuk Ramadhan dan Lebaran. MUDIK ke Lampuuung

  7. Membaca buku keluarga 2 minggu sekali selama ramadhan dan mendiskusikan dengan suami

  8. Mematangkan rencana memiliki.rumah sendiri dalam 3 bulan ke depan.

Sebagai Ibu

Paling emosional mengerjakan bagian ini, bukan apa-apa.. karena jujur dalam hati saya pengeeen banget menemani Majida dalam pertumbuhannya. Tapiii kan gak boleh baper dan gak boleh ngutukin diri, karena saat ini titah Gusti Allah sedang kaya gini, jadi ya saya harus optimal menjadi ibu professional bagi Majida.

Untuk tumbuh kembang dan kebaikan Majida, saya setidaknya harus:

  1. Membangunkan Majida 2 kali. Saat Shubuh dan jika tidak bangun, bangunkan lagi pukul 06.00 dan mengajak Majida mandi, sarapan, bermain sebentar sebelum 07.15 berangkat ke kantor.

  2. Menyiapkan sarapan dan makan siang sebelum berangkat ke kantor.

  3. Membacakan Majida 1 buku cerita sebelum tidur

  4. Memantau makan siang Majida melalui Ibu atau tantenya jika siang tidak pulang istirahat

  5. Konsisten mengajak Majida gosok gigi

  6. Konsisten berjamaab dengan Majida

  7. Konsisten membacakan 3 surat pendek berulang 3 kali setiap jelang tidur.

  8. Membuat DIY mainan bersama Majida setidaknya 2 pekan sekali.

  9. Mengajak main Majida bersama Bapak setidaknya 1 bulan sekali

  10. Bermain bersama Majida setelah ngantor

  11. Mulai belajar mengatur waktu tidur Majida dalam 3 pekan ke depan.

  12. Membuat kesepakatan dengan orang rumah (yang notabene adalah keluarga buesaaaar) untuk stop aktivitas TV pukul 21.00.

  13. Sabar dalam mendidik Majida. Memeluk Majida saat mulai merasa kesal.

  14. Membaca buku parenting minimal 1 kali sebulan

  15. Membaca artikel tepercaya baik jurnal dan sebagainya 1 kali seminggu.

Bismillaaah Gusti Allah Yang MahaAgung.. demikian niat dan indikator yang saya susun sendiri untuk kebaikan saya, keluarga, dan anak2… Semoga saya istiqomah, seistiqomah saya dulu memperjuangkan Bapaknya Majida ehehehe 😉

BRB ngetik dan nulis tangan untuk dicetak dan dibuat ceklist harian, mingguan, sampai 30 hari ketercapaian indikator dan berlanjut untuk terus menjadi Ibu Profesional. Aamiin. 🙂

Author:

Chocolate and coffee lover who love to smile and ngangsu kawruh.

One thought on “Centangan Keprofesionalan Nita: 30 Hari Mengejar Cinta

Leave a Reply

