Posted in Hidup, Institut Ibu Profesional, Kata Orang ini Cinta, Lesson Learnt

Mendisain Pembelajaran untuk Saya dan Meji

 

Yeay,, it’s Saturday and it’’s time to do my Nice Homework. Pekan ke 5 di matrikulasi IIP, belajar bagaimana caranya belajar. Nah loooh… cara belajar saja ada ilmunya. Tidak asal, karena apa? Biar nempel, biar ilmunya ga kabur-kabur. Kalau sesuai dengan piramida belajar Glasser, persentase  pemahaman akan sesuatu paling besar adalah jika sesuatu hal yang baru itu dipelajari dan diajarkan. Sementara itu, Pengalaman menempati peringkat kedua.. hal ini menunjukkan bahwa learning by doing dan learning how to share terbukti ampuh dalam pemahaman ilmu.

Naaah tugas atau NiceHomework ke 5 adalah membuat desain pembelajaran. Yang unik di pekan ini adalah kita dibebaskan menafsirkan desain pembelajaran untuk siapa. Sing penting digarap. 😀

Desain Pembelajaran atau Learning Desain bertujuan untuk menemukan formula terbaik dalam mencapai perubahan perilaku dan keterampilan dari pembelajar. Pada pekan ke-4 saya telah membuat kurikulum untuk diri saya sendiri, dan pekan ini adalah menggali potensi anak serta bagaimana melejitkannya. Maka, desain pembelajaran yang sayabuat adalah untuk anak saya dan saya sebagai fasilitatornya dengan demikian secara tidak langsung juga desain pembelajaranbagi saya bagaimana belajar menjadi pendamping dan pemandu bagai anak saya.

This is it…

Desain Pembelajaran Saya dan Meji The Explorer

Sesuai dengan KM 0 yang saya pilih adalah saat ini dan Step  selanjutnya saya harus menguasai ilmu parenting dan tumbuh kembang anak sampai tahun depan. Maka fokus saya dalam membuat desain pembelajaran ini adalah untuk saya dan Majida. Karena Meji berada pada usia 2 tahum saya memilih pembelajaran untuk anak usia 2-3 tahun. Dari segi keimanannya, afektif, kognitif, dan motoriknya.

Mengenal Allah dan Ciptaan Allah

Tujuan Pembelajaran

  • Untuk Majida: Memahami bahwa Allah yang menciptakan manusia, kucing, tanaman, bulan, bintang. Karena Allah Maha Pencipta maka kita wajib beribadah kepada Allah.
  • Untuk saya: mampu memberikan pengertian dan berbicara tentang Allah, makhluk, memberi contoh ibadah rutin.

Materi Pembelajaran

  • Mengenalkan keesaan Allah
  • Menyayangi ciptaan Allah
  • Mengajarkan pentingnya Shalat dan berdoa

Metode Pembelajaran

  • Bercerita
  • Main bersama
  • Membaca bersama
  • Shalat Jama’ah

Media Pembelajaran

  • Buku Tauhid, Buku-buku
  • Benda-benda dan makhluk di sekitar rumah
  • Al Quran dan Buku
  • Video (jika dibutuhkan)

Evaluasi

  • Bertanya
  • Mengulang

Mengenal dan menyikapi jenis emosi

Tujuan Pembelajaran

  • Untuk Majida: Memahami rasa marah, kecewa, sedih, senang, takut. Mampu mengungkapkan perasaan dan emosi secara verbal
  • Untuk saya: mampu memberikan pengertian dan mengarahkan serta memandu untuk menyikapi rasa emosi.
  • Mengenali kepemilikan dan rasa sabar

Materi Pembelajaran

  • Membantu mengenali rasa marah, sedih, kecewa, bahagia, senang
  • Mengajarkan sikap-sikap yang harus muncul saat menghadapi perasaan-perasaan
  • Mengajarkan berbagi dan Berakhlaq baik

Metode Pembelajaran

  • Bercerita
  • Main bersama

Media Pembelajaran

  • Buku psikologi anak
  • Kejadian sehari-hari
  • Artikel, sharing info dan pengalaman

Evaluasi

  • Test case
  • Bertanya
  • Mengulang

Melatih motorik kasar dan halus

Tujuan Pembelajaran

  • Untuk Majida: memiliki kemampuan dan keterampilan motorik sesuai usia
  • Untuk saya: memandu dan mengarahkan serta mendampingi dalam melakukan kegiatan fisik. Kreatif dalam menciptakan permainan atau membuat proyek berdua

Materi Pembelajaran

  • Meronce
  • Berlari di lapangan
  • Menyusun balok
  • Mengunting
  • Lempar tangkap bola
  • Naik sepeda

Metode Pembelajaran

  • Main bersama

Media Pembelajaran

  • Brick block
  • Manik-manik (Majida masih kadang kesel kalau manik-manik tidak masuk ke tali)
  • Cat, krayon
  • DIY mainan
  • Sepeda

Evaluasi

  • Menguji
  • Mengajak bermain
  • Bertanya

Melatih Kepekaan Sosial

Tujuan Pembelajaran

  • Untuk Majida: menghargai sesame, berempati, menjadi anak yang peka terhadap keadaan, cerdas emosi
  • Untuk saya: Memandu agar anak bias mengendalikan emosi, tidak ketergantungan kepada orang tua, dan berempati

Materi Pembelajaran

  • Menghormati orang tua
  • Menyayangi teman dan saudara
  • Mandiri

Metode Pembelajaran

  • Main bersama
  • Mengunjungi teman sebaya atau berkunjung ke saudara (Majida kadang maih suka merebut mainan saudara atau teman)
  • Pergi ke pasar
  • Bertemu dengan banyak orang
  • Memberi contoh

Media Pembelajaran

  • Buku psikologi anak

Evaluasi

  • Test case
  • Bertanya

Bismillaaah untuk tahun pertama dan step 1 a.k.a KM 1 semoga saya jalani dengan smooth.. Aamiiin.. Walaupun terlihat kok begini amat yak,, pada dasarnya saya lebih simple dalam menjalaninya…. 😀

Author:

Chocolate and coffee lover who love to smile and ngangsu kawruh.

Leave a Reply

