Posted in Institut Ibu Profesional

Mengkhatamkan “Rumahku Tempat Belajarku”

Pekan ini pekan yang cukup menguras energi dalam pembagian waktu. Antara kewajiban sebagai istri (yang mengutuh karena kedatangan Bapaknya Majida), Majida, dan pekerjaan kantor. Karena Bapaknya Majida full libur selama 5 hari, jadi pengennya ada satu hari untuk off izin tidak ke kantor. Tapi karena ada kewajiban memandu pengunggahan boranf akreditasi ke Sistem BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) maka saya sedikit menawar.

Alhamdulillah Mas Dhana berbaik hati mengizinkan bahkan mengantar ke kampus saat saya harus siap unggah berkas pukul 20.30 😁. Di sinilah saya merasa bahwa keluarga yang utuh akan sangat membantu. Ehehehe.. kemudian setelah urusan akreditasi selesai, hari ini sambil agak me time, saya meneruskan membaca Rumahku Tempat Belajarku.

Buku ini, meskipun tulisannya rapat dan tidak ad selingan grafis, tetapi bahasanya yang disampaikan dengan hangat membuat tidak bosan. Apalagi isinya yang pas dan sesuai dengan apa yang saya cari saat ini.

Tentang fungsi rumah sebagai tempat belajar, tentang mengembalikan rumah sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi anak. Juga tentang peran orang tua (utuh) sebagai fasilitator di tempat belajar bernama rumah. Memulainya adalah tetap dengan penyatuan visi dan menjalani peran dan fungsi sesuai dengan figurnya.

Ada istilah, Ayah sebagai kepala sekolah dan ibu sebagai gurunya. Pembahasan pada bab ini menarik karena disertai contoh nyata sejarah Sultan Murad II dalam mendidik putranya. Bagaimana seorang Ayah berpikir strategis memberikan kualitas utama dalam pendidikan dan seorang Ibu yang memberikan suntikan keyakinan dan bagaimana menjadi pribadi yang utama.

Membaca tuntas buku ini, setidaknya mengajak saya untuk kembali berpikir untuk menemani penuh tumbuh kembang Majida dan adik-adiknya kelak (Aamiin) 😊. Juga bagaimana penerapan homeschooling (home based education) bagi Majida jika Bapaknya sepakat nanti.

Penasaran? Coba deh baca buku ini 😊

Advertisements

Author:

Chocolate and coffee lover who love to smile and ngangsu kawruh.

2 thoughts on “Mengkhatamkan “Rumahku Tempat Belajarku”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s