Asbindo


Prolog

Asosiasi Bunga Indonesia (ASBINDO) adalah organisasi keanggotaan profesional yang dibentuk oleh para petani/produsen serta peniaga florikultura. Organisasi ini memiliki tujuan memperkuat bisnis florikultura nasional pada umumnya dan perusahaan anggota pada khususnya melalui kegiatan pelatihan, layanan bisnis, dan promosi produk florikultura. ASBINDO juga mewakili  anggotanya untuk dapat berdialog dan melakukan audiensi dengan pemerintah dalam rangka penguatan bisnis florikultura untuk anggota.

Visi dan Misi

Sebagai satu-satunya organisasi yang mencakup seluruh aspek Bisnis Florikultura, ASBINDO:

  • Berusaha untuk meningkatkan daya saing, menciptakan industri florikultura yang tangguh, mandiri dan berkelanjutan
  • Memaksimalkan peluang bisnis bagi anggota ASBINDO
  • Membantu meningkatkan profesionalisme pelaku usaha industri florikultura melalui berbagai pelatihan
  • Mendukung Pemerintah dalam program pembangunan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Working in Indonesian floriculture    Working in Floriculture in Indonesia    Working in floriculture in Indonesia    Working in floriculture in Indonesia

Program kegiatan

  • Meningkatkan mutu dan keterampilan sumber daya manusia di bidang florikultura melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan teknik budidaya serta manajemen usaha.
  • Mengembangkan bidang produksi dan meningkatkan mutu produk melalui penerapan GAP (Good Agriculture Practices) dan SCM (Supply Chain Management).
  • Menciptakan iklim konsumsi florikultura yang baik, melalui pendidikan dan promosi penggunaan atau pemanfaatan produk florikultura.
  • Memperluas sekaligus membuka pasar baru bagi produk florikultura Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Membuka, memperluas, memperkuat dan membina jejaring kerja dengan para stake holder florikultura di dalam maupun luar negeri.
  • Menjaga agar setiap kegiatan yang dilaksanakan selalu berwawasan pada terciptanya keindahan dan kelestarian lingkungan.
  • Menjadi mitra Pemerintah serta memberikan masukan yang bermanfaat untuk pembangunan dan pengembangan florikultura nasional.

Mitra Kerja

ASBINDO sangat aktif di Indonesia dan luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan menghadiri beberapa pameran, seminar, dan konferesi serta tergabung sebagai anggota asosiasi ataupun komite seperti:

AIPH (International Association of Horticultural Producers)

KADIN (Kamar Dagang Indonesia)

Dewan Sumber Daya Air Nasional

Proyek INDF

ASBINDO adalah mitra utama dalam proyek INDF (Indonesia Facility) yang diselenggarakan pada tahun 2010-2012. INDF bertujuan memperkuat sektor florikultur (bunga, daun, dan tanaman hias) di Indonesia. Pengembangan kurikulum pelatihan praktis dan pelatihan singkat merupakan fokus utama proyek INDF dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota ASBINDO dan stakeholder florikultura lainnya.

Melalui INDF, ASBINDO mendapat dukungan dalam menyediakan layanan yang sesuai untuk produsen, peniaga, dan petani bunga di Indonesia. Selain itu,  ASBINDO mulai meningkatkan peran dalam forum bunga baik nasional maupun internasional serta memimpin pengembangan kebijakan florikultura. Proyek ini telah dikembangkan oleh EVD (Pemerintah Belanda) dan terselenggara atas kerjasama:

logo ASBINDO           logo IPB                 logo ptc             logo HBAG

Mitra Masa Depan

Jika Anda ingin membuat kegiatan atau bekerjasama dengan ASBINDO, jangan ragu untuk hubungi ASBINDO dan mengagendakan pertemuan. ASBINDO selalu terbuka untuk berdiskusi dalam menemukan ide-ide dan peluang-peluang baru yang dapat memberikan keuntungan pada florikultura pada umumnya dan anggota pada khususnya. Akan sangat diapresiasi jika kerjasama yang dilakukan adalah kerjasama yang saling menguntungkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s